Model Object Oriented
1.
Model Object
Oriented
a.
Objek dan
Kelas
-
Objek
Objek
didefinisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti
untuk suatu masalah. Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan lainnya.
Istilah identitas berarti bahwa objek dibedakan oleh sifat yang melekat dan
bukan dengan uraian sifat yang dimilikinya. Contohnya, kembar identik, walaupun
tampak sama, tetapi merupakan dua orang yang berbeda. Kadang-kadang objek
berarti suatu barang, maka digunakan istilah object instance, dan object class
untuk menunjukkan satu grup dari barang yang sama.
-
Kelas
Suatu object
class menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat (atribut)perilaku
umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. Contoh: Orang,
perusahaan, binatang, proses adalah objek. Setiap orang mempunyai umur, IQ, dan
mungkin pekerjaan. Setiap proses mempunyai pemilik, prioritas, list dari sumber
daya yang dibutuhkan. Objek dan object class sering sama sebagai benda dalam
deskripsi masalah. Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku
(operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup. Kelas Objek
merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek. Objek mewakili
fakta/keterangan dari sebuah kelas. Istilah-istilah Objek , Atribut : Data item
yang menegaskan Objek, Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan
kebentuk tingkah laku kelas, Metode : Pelaksanaan prosedur (badan dari kode
yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di dalam sistem).
b.
Diagram
Objek
1)
Kelas dan
Objek
Sebuah objek
merupakan sebuah entitas yang mencakup data dan metode. Kelas merupakan satu
atau lebih objek dengan persamaan atribut dan metode, sedangkan
kelas-&-objek adalah kelas dengan satu atau lebih objek di dalamnya. Nama
kelas adalah kata benda tunggal, atau kata sifat dan kata benda. Nama dari
kelas-&-objek harus dapat menjelaskan objek tunggal dari suatu kelas.
2.
Struktur
Objek dan Hirarki Kelas
a.
Whole-Part
Structure memperlihatkan hirarki dari suatu kelassebagai komponen dari
kelas lain yang disebut juga sub
objek. Contohnya, kelas Mobil adalah Whole dan komponennya Mesin, Rangka, dll
merupakan Part1, Part 2, …, Part.
b.
Gen-Spec
Structure memperlihatkan kelas sebagai spesialisasi dari kelas di atasnya.
Kelas yang mempunyai sifat umum
disebut Generalization, Superclass atau Topclass. Kelas yang mempunyai sifat
khusus disebut Specialization. Contohnya, kelas Mobil adalah Generalization,
sedangkan Sedan, Truk, Minibus, dll merupakan Specizlization1, Specialization2,
dst
UML (Unified Modeling Language)
adalah metode pemodelan (tools/model) secara visual sebagai sarana untuk
merancang dan atau membuat software berorientasi objek dan memberikan standar
penulisan sebuah sistem untuk pengembangan sebuah software yang dapat
menyampaikan beberapa informasi untuk proses implementasi pengembangan
software.
b.
Tiga elemen
utama UML antara lain:
1)
Benda /
Things / Objek
Objek merupakan bagian paling statik
dari sebuah model, yang menjelaskan elemen–elemen lainnya dari sebuah konsep.
Bentuk dari beberapa objek :
a)
Classes,
sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, dan hubungan yang
semantik
b)
Interfaces,
antar-muka yang menghubungkan dan melayani antarkelas dan atau elemen dan
mendefinisikan sebuah kelompok dari spesifikasi pengoperasian.
c)
Collaboration,
interaksi dari sebuah kumpulan kelas–kelas atau elemen–elemen yang bekerja
secara bersama–sama.
d) Use cases,
pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah modelserta di realisasikan oleh
sebuah collaboration.
e)
Nodes,
bentuk fisik dari elemen–elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system
2)
Hubungan /
Relationship
Ada 4 macam
hubungan dalam penggunaan UML, yaitu :
a)
Dependency,
hubungan semantik antara dua objek yang mana sebuah objek berubah mengakibatkan
objek satunya akan berubah pula.
b)
Association,
hubungan antar benda secara struktural yang terhubung diantara objek dalam
kesatuan objek.
c)
Generalizations,
hubungan khusus dalam objek anak yang menggantikan objek induk dan memberikan
pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada objek induk
d)
Realizations,
hubungan semantik antarpengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya
yang diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use
cases dan collaborations.
3)
Bagan atau
Diagrams
Diagram
adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu
model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu:
a)
Diagram Use
Case, menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari
sudut pandang pengamatan luar. Diagram Use Case berguna dalam tiga hal :
-
Menjelaskan
fasilitas yang ada (requirements)
-
Komunikas
dengan klien
-
Membuat test
dari kasus – kasus secara umum
b)
Diagram
Class, memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan
kelas–kelasnya dan hubungan mereka. Diagram Class mempunyai 3 macam
relationalships (hubungan), sebagai berikut :
-
Association,
suatu hubungan antara bagian dari dua kelas yang terjadi jika salah satu bagian dari kelas mengetahui kelas yang lain
dalam melakukan suatu kegiatan..
-
Aggregation,
hubungan association dimana salah satu kelasnya merupakan bagian dari suatu
kumpulan dan memiliki titik pusat yang mencakup keseluruhan bagian.
-
Generalization,
hubungan turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan suatu kelas super
dari kelas yang lain.
c)
Diagram
Package dan Object, merupakan kumpulan elemen–elemen logika UML yang bertujuan
untuk mengelompokkan Diagram class yang lebih kompleks.
d)
Diagram
Sequence, merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana
suatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu.
e)
Diagram
Collaboration juga merupakan diagram Interaction berfungsi membawa informasi
yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan
padakegiatan obyek dari waktu informasi itu dikirimkan dan bukan pada waktu
penyampaian message.
Tujuan:
Membuat collaboration diagram, Membuat link (relasi) antar obyek, Menambah
message (pesan) pada link, Memetakan message pada operasi, Buat collaboration
diagram dari sequence diagram dan sebaliknya
f)
Statechart
diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state
lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima.
Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat
memilikilebih dari satu statechart diagram). Diagram StateChart merupakan
indikator yang menunjukan kemungkinan dari keadaan obyek dan proses yang
menyebabkan perubahan pada keadaannya.
g)
Diagram
Activity, menunjukkan bagaimana aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu
sama lain dan berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait
dalam suatu proses tunggal. menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem
yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang
mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir
h)
Diagram
Component adalah sebuah kode–kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari
diagram Class. Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar
komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.
i)
Diagram
Deployment menerangkan bahwa konfigurasi fisik software dan hardware.
Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy
dalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada mesin, server
atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut,
spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal
3.
Pedoman
Pemodelan Object Oriented
a)
Menentukan
kelas dan objek
b)
Menentukan
struktur objek dan hirarki kelas
c)
Menentukan
subjek
d) Menentukan
atribut
e)
Menentukan
metoda
f) Menentukan
message About these ads
Tidak ada komentar:
Posting Komentar